Analisis Kepuasan Konsumen
Terhadap Pelayanan KUMALA TAILOR
Pengarang : Galih Yogatama. Fakultas
Ekonomi, Universitas Gunadarma
Tahun : 2009
Latar belakang dan Masalah :
Perkembangan
industry saat ini yang sangat pesat, sehingga para pengusaha kecil harus bisa
mengetahui cara-cara agar dapat mengatasi persaingan terhadap
perusahaan-perusahaan besar. Dalam bersaing perusahaan harus mengetahui
karakteristik perilaku konsumen yang menginginkan pemenuhan kepuasan dari jas
yang diberikan perusahaan. Peningkatan mutu terhadap kualitas produk dan jasa
yang baik menjadi tujuan bagi para konsumen untuk dapat menentukan keputusan
dalam pemakaian produk dan jasa tersebut. Oleh karena itu perlunya diadakan
analisis untuk mengetahui kepuasan konsumen dari jasa yang telah diberikan
perusahaan. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis Chi Square.
Tujuan
Penelitian : Untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang
diberikan KUMALA TAYLOR.
Metodologi :
-
Variabel
: Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Harga, Waktu, Kecepatan
Kerja, Kerapian Hasil Pekerjaan, Keterampilan Karyawan, Keramahan Karyawan,
Perlakuan Komplain, Fasilitas, Pelayanan.
-
Data :
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh
berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap 50 responden, yang
dikatakan sebagai sampel dengan jumlah 10 pertanyaan selama periode bulan juni
2009, kemudian penyebaran kuesioner diolah menggunakan skala likert, yaitu
: Mutu Sangat Baik (SB) dengan skor 5 berarti Sangat Puas,
Baik atau puas (B/P) dengan skor 4, Cukup Baik atau Cukup Puas (CB/CP) dengan
skor 3, Kurang Baik atau Kurang Puas (KB/KP) dengan skor 2, Tidak Baik atau
Tidak Puas dengan skor 1 dan dianalisis menggunakan Uji Chi Square.
-
Tahapan
Penelitian : Dalam penelitian ini data didapat melalui observasi secara
langsung untuk mengumpulkan kuesioner yang dibagikan pada 50 responden, sebagai
sampel dengan memberikan 10 pertanyaan kemudian responden diminta untuk
memberikan jawaban-jawaban yang paling sesuai dengan pendapatnya setelah itu
dilakukan proses pengolahan data dengan menghitung masing-masing indikator
variable dengan menggunakan skala likert Penyebaran kuesioner dilakukan pada
minggu ke-3 bulan juni 2009, kemudian dari hipotesis yang disimpulkan dilakukan
analisis dengan menggunakan metode Chi Square.
-
Model
penelitian : Mathematic (Simbolic ) Model
Instrumen
Skala Likert
Hipotesis Penelitian
H1: Konsumen tidak puas
terhadap pelayanan yang diberikan oleh kios “Kumala Taylor“
H2: Konsumen puas terhadap
pelayanan yang diberikan oleh kios “Kumala Taylor“
Uji Chi
Square (X2) adalah pengujian mengenai perbandingan antara frekuensi observasi
atau yang benar-benar terjadi / actual (F0) dengan frekuensi harapan /
ekspektasi (Fe) yang didasarkan atas hipotesis tertentu.
Rumus : c2 bit = (F0
– Fe) 2
Fe
Keputusan Wilayah Kritis
Hasil dan Kesimpulan
Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa konsumen merasa
puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan Tawin Tailor dimana Ho
ditolak c2 tabel (9,48773) < c2 hit (164,7) dan Ha
diterima. Untuk itu, Kumala Taylor harus dapat mempertahankan kinerja dan
pelayanan terhadap pelanggan agar terus dapat berkembang.
http://rechytanita.blogspot.com/2010/11/review-jurnal-fix.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar