mampiiiiiiiiirrr

Selasa, 23 Oktober 2012

Jurnal 1


Analisis Jurnal Kepuasan Konsumen Terhadap ROSE TAILOR


BAB I
PENDAHULUAN
I.1        Latar Belakang
Dengan kondisi sekarang ini dimana persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, maka untuk menghadapi situasi dan keadaan yang demikian pengusaha harus mampu dan cepat dan tepat mengambil keputusan agar usaha yang yang didirikan dapat berkembang dengan baik.
Maka dari itu usaha dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa sangatlah penting bagi seorang pengusaha. Apalagi, bagi pengusaha kecil yang sebagian besar peralatan serta perlengkapan untuk usahanya sangatlah sederhana, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar. Dalam peningkatan kualitas produk dan jasa pengusaha kecil harus mengetahui cara-cara agar dapat mengatasi persaingan terhadap perusahaan-perusahaan besar.
Selain terjadinya persaingan terhadap perusahaan besar, juga terdapat persaingan sesama perusahaan kecil. Untuk dapat bersaing, maka perusahaan harus mampu mengenal karakteristik perilaku tiap konsumen. Oleh sebab itu, analisis perilaku konsumen sangat penting dipelajari oleh perusahaan tersebut, karena analisis perilaku konsumen dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan perusahaan. Dan perlu adanya peningkatkan mutu kualitas produk maupun jasa. Peningkatan mutu terhadap kualitas produk dan jasa yang baik menjadi tujuan bagi para konsumen untuk dapat menentukan keputusan dalam pemakaian produk dan jasa tersebut.
Karena mendirikan suatu usaha bukanlah merupakan hal yang mudah, namun memelihara dan mengembangkan usaha yang sudah didirikan tersebut merupakan suatu pekerjaan yang jauh lebih banyak tantangannya. Masalah-masalah akan selalu muncul baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan.
Rose Tailor adalah salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang jasa dalam membuat pakaian. Hal utama yang harus diperhatikan oleh pelayanan jasa pembuatan pakaian tersebut adalah memaksimalkan kepuasan konsumen atau pelanggan agar dapat menikmati pelayanan yang telah diberikan. Karena hal ini berpengaruh terhadap puas atau tidaknya produk jasa tersebut dijual.
Sebagai pengusaha kecil yang bergerak dalam jasa, maka tingkat kepuasan konsumen atau pelanggan akan sangat berpengaruh pada laba. Itu sebabnya, Rose Tailor selalu berupaya untuk memuaskan konsumen dan meningkatkan produk dengan sebaik mungkin. Karena didukung oleh tenaga kerja sebanyak 10 orang.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ilmiah dengan judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA ROSE TAILOR”. Karena penulis ingin mengetahui bagaimana cara meningkatkan produknya agar dapat memuaskan konsumennya

I.2        Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah apakah konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rose Tailor?

I.3        Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rose Tailor.

I.4        Manfaat Penelitian
Sebagai bahan pertimbangan dalam rangka menentukan strategi pengambilan keputusan mengenai pelayanan dan kinerjanya terhadap pelanggan, terutama pimpinan harus memperhatikan hal-hal atau atribut apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan agar mereka merasa puas.

I.5 Kerangka Pemikiran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0DWUGSq8Mmpxh8NPX7IiQLRdQWWKc6y7k9UurtTDflWuYEoqHWJsuvh2I-ajJ_tHJQBYt5PjrPF9C5vvWHw2tTDBd3r5UDX5eZRH975GEDKVMM_1zKe-tsi_k9Xkscb0MmpFHCHEwXDE/s320/kepuasan.JPG

 
BAB II
METODE PENELITIAN
II.1          Objek Penelitian
Sebagai bahan objek penelitian, penulis mengadakan penelitian pada Rose Tailor yang beralamat Jl. Melon Raya No.10 kelurahan Rangkapan Jaya, kecamatan Pancoran Mas, Depok.

II.2          Data atau Variabel
Dalam penulisan ilmiah ini data atau variable yang digunakan adalah berupa data primer, dimana data tersebut diambil berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap konsumen.

II.3          Metode Pengumpulan Data
1.       Studi Lapangan/Riset (Field Research)
Studi lapangan ini berupa hasil :
-          Wawancara, proses pengumpulan data dengan cara tanya jawab dan bertatap muka kepada pemilik kios tersebut.
-          Kuesioner, membagikan lembar daftar pertanyaan ke konsumen.
-          Observasi, mengamati secara langsung proses penelitian.
2.       Studi Pustaka (Library Research)
Pengumpulan data yang diambil berasal dari kumpulan buku-buku dan catatan.

II.4          Model Penelitian
Hipotesis
Ho : Konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh RoseTailor.
Ha : Konsumen tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rose Tailor.
Alat Analisis Yang Digunakan :
1.       Analisis Deskriptif
Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data dengan cara inferensi yang digambarkan melalui hubungan antara populasi dan sampel. Dan dengan menghimpun 30 pelanggan yang menerima daftar pertanyaan atau kuesioner.
2.       Analisis Kuantitatif
Alat analisis yang digunakan pada data kuantitatif ini, penulis mengujinya dengan cara uji skala likert dan uji chi square.
Uji chi square ( c2 ) adalah pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi/actual ( Fo ) dengan frekuensi harapan/ekspektasi ( Fe ) yang didasarkan atas hipotesis tertentu.
Rumus :                                                   
c2 hit = å ( Fo – Fe )2
      Fe
Uji skala likert adalah pengujian yang dirancang untuk memungkinkan pelanggan menjawab dalam berbagai tingkatan pada setiap butir yang menguraikan jasa atau produk. Dengan menggunakan rumus tingkat kesesuaian :  
 Tki = Xi x 100 %
                                                                                          Yi
Bobot yang diberikan adalah :
Bobot 5 = Sangat Baik/Sangat Penting
Bobot 4 = Baik/Penting
Bobot 3 = Cukup Baik/Cukup Penting
Bobot 2 = Kurang Baik/Kurang Penting
Bobot 1 = Tidak Baik/Tidak Penting


Tidak ada komentar:

Posting Komentar