Analisis Jurnal Kepuasan Konsumen Terhadap ROSE TAILOR
BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
Dengan
kondisi sekarang ini dimana persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, maka
untuk menghadapi situasi dan keadaan yang demikian pengusaha harus mampu dan
cepat dan tepat mengambil keputusan agar usaha yang yang didirikan dapat
berkembang dengan baik.
Maka
dari itu usaha dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa sangatlah penting
bagi seorang pengusaha. Apalagi, bagi pengusaha kecil yang sebagian besar
peralatan serta perlengkapan untuk usahanya sangatlah sederhana, dibandingkan
dengan perusahaan-perusahaan besar. Dalam peningkatan kualitas produk dan jasa
pengusaha kecil harus mengetahui cara-cara agar dapat mengatasi persaingan
terhadap perusahaan-perusahaan besar.
Selain
terjadinya persaingan terhadap perusahaan besar, juga terdapat persaingan
sesama perusahaan kecil. Untuk dapat bersaing, maka perusahaan harus mampu
mengenal karakteristik perilaku tiap konsumen. Oleh sebab itu, analisis
perilaku konsumen sangat penting dipelajari oleh perusahaan tersebut, karena
analisis perilaku konsumen dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi
perkembangan perusahaan. Dan perlu adanya peningkatkan mutu kualitas produk
maupun jasa. Peningkatan mutu terhadap kualitas produk dan jasa yang baik
menjadi tujuan bagi para konsumen untuk dapat menentukan keputusan dalam
pemakaian produk dan jasa tersebut.
Karena
mendirikan suatu usaha bukanlah merupakan hal yang mudah, namun memelihara dan
mengembangkan usaha yang sudah didirikan tersebut merupakan suatu pekerjaan
yang jauh lebih banyak tantangannya. Masalah-masalah akan selalu muncul baik
dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan.
Rose
Tailor adalah salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang jasa dalam membuat
pakaian. Hal utama yang harus diperhatikan oleh pelayanan jasa pembuatan
pakaian tersebut adalah memaksimalkan kepuasan konsumen atau pelanggan agar
dapat menikmati pelayanan yang telah diberikan. Karena hal ini berpengaruh
terhadap puas atau tidaknya produk jasa tersebut dijual.
Sebagai
pengusaha kecil yang bergerak dalam jasa, maka tingkat kepuasan konsumen atau
pelanggan akan sangat berpengaruh pada laba. Itu sebabnya, Rose Tailor selalu
berupaya untuk memuaskan konsumen dan meningkatkan produk dengan sebaik
mungkin. Karena didukung oleh tenaga kerja sebanyak 10 orang.
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian
ilmiah dengan judul “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA ROSE
TAILOR”. Karena penulis ingin mengetahui bagaimana cara meningkatkan produknya
agar dapat memuaskan konsumennya
I.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah yang akan
diangkat dalam penelitian ini adalah apakah konsumen merasa puas terhadap
pelayanan yang diberikan oleh Rose Tailor?
I.3 Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen
terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rose Tailor.
I.4 Manfaat Penelitian
Sebagai
bahan pertimbangan dalam rangka menentukan strategi pengambilan keputusan
mengenai pelayanan dan kinerjanya terhadap pelanggan, terutama pimpinan harus
memperhatikan hal-hal atau atribut apa saja yang dianggap penting oleh
pelanggan agar mereka merasa puas.
I.5 Kerangka Pemikiran
BAB II
METODE PENELITIAN
II.1 Objek Penelitian
Sebagai
bahan objek penelitian, penulis mengadakan penelitian pada Rose Tailor yang
beralamat Jl. Melon Raya No.10 kelurahan
Rangkapan Jaya, kecamatan Pancoran Mas, Depok.
II.2 Data atau Variabel
Dalam
penulisan ilmiah ini data atau variable yang digunakan adalah berupa data
primer, dimana data tersebut diambil berdasarkan penelitian kuesioner yang
langsung terhadap konsumen.
II.3 Metode Pengumpulan Data
1.
Studi Lapangan/Riset (Field Research)
Studi
lapangan ini berupa hasil :
-
Wawancara,
proses pengumpulan data dengan cara tanya jawab dan bertatap muka kepada
pemilik kios tersebut.
-
Kuesioner,
membagikan lembar daftar pertanyaan ke konsumen.
-
Observasi,
mengamati secara langsung proses penelitian.
2.
Studi Pustaka (Library Research)
Pengumpulan data yang diambil berasal dari kumpulan
buku-buku dan catatan.
II.4 Model Penelitian
Hipotesis
Ho :
Konsumen puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh RoseTailor.
Ha :
Konsumen tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rose
Tailor.
Alat Analisis Yang Digunakan :
1.
Analisis Deskriptif
Dalam
melakukan penelitian ini, penulis mengumpulkan data dengan cara inferensi yang
digambarkan melalui hubungan antara populasi dan sampel. Dan dengan menghimpun
30 pelanggan yang menerima daftar pertanyaan atau kuesioner.
2.
Analisis Kuantitatif
Alat
analisis yang digunakan pada data kuantitatif ini, penulis mengujinya dengan
cara uji skala likert dan uji chi square.
Uji
chi square ( c2 ) adalah pengujian hipotesis
mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar
terjadi/actual ( Fo ) dengan frekuensi harapan/ekspektasi ( Fe )
yang didasarkan atas hipotesis tertentu.
Rumus :
c2 hit = å ( Fo – Fe )2
Fe
Uji
skala likert adalah pengujian yang dirancang untuk
memungkinkan pelanggan menjawab dalam berbagai tingkatan pada setiap butir yang
menguraikan jasa atau produk. Dengan menggunakan rumus tingkat kesesuaian :
Tki = Xi x 100 %
Yi
Bobot
yang diberikan adalah :
Bobot
5 = Sangat Baik/Sangat Penting
Bobot
4 = Baik/Penting
Bobot
3 = Cukup Baik/Cukup Penting
Bobot 2 = Kurang Baik/Kurang Penting
Bobot 1 = Tidak Baik/Tidak Penting
Tidak ada komentar:
Posting Komentar