Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan TAWIN TAILOR
Oleh : Haryanti ( Universitas Gunadarma, 2003)
a.
Latar
Belakang
Usaha dalam meningkatkan
kualitas produk dan jasa sangatlah penting bagi seorang pengusaha. Apalagi,
bagi pengusaha kecil yang mayoritas peralatan serta perlengkapan untuk usahanya
sangatlah sederhana, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar. Dalam
peningkatan kualitas produk dan jasa pengusaha kecil harus mengetahui cara-cara
agar dapat mengatasi persaingan terhadap peusahaan-perusahaan besar.
Untuk dapat bersaing, maka
perusahaan harus mampu mengenal karakteristik perilaku tiap konsumen. Oleh
sebab itu analisis perilaku konsumen dapat memberikan komtribusi yang sangat
besar bagi perkembangan perusahaan. Selain itu juga peningkatan mutu sangatlah
berpengaruh bagi para konsumen untuk dapat menentukan keputusan dalam pemakaian
produk dan jasa tersebut.
Tawin tailor adalah salah satu
usaha kecil yang bergerak di bidang jasa dalam membuat pakaian. Hal utama yang
perlu diperhatikan oleh pelayanan jasa pembuatan pakaian tersebut adalah
memaksimalkan kepuasan konsumen agar dapat menikmati pelayanan yang telah
diberikan. Karena hal ini berpengaruh terhadap puas atau tidaknya produk jasa
tersebut dijual.
b.
Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap
pelayanan yang diberikan oleh Tawin Tailor.
c.
Metodologi
• Data : Penelitian ini menggunakan data primer, dimana data tersebut
diambil berdasarkan penelitian kuesioner yang langsung terhadap konsumen.
• Variabel : Variabel dalam peneliatian ini adalah yaitu Konsumen atau pelanggan yang biasanya menggunakan jasa Tawin Tailor
• Analisis Penelitian :
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan :
- Analisis Deskriptif : penelitian ini mengumpulkan data dengan cara inferensi yang digambarkan melalui jawaban antara populasi dan sampel.
• Variabel : Variabel dalam peneliatian ini adalah yaitu Konsumen atau pelanggan yang biasanya menggunakan jasa Tawin Tailor
• Analisis Penelitian :
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan :
- Analisis Deskriptif : penelitian ini mengumpulkan data dengan cara inferensi yang digambarkan melalui jawaban antara populasi dan sampel.
Populasi : Seluruh pelanggan yang berkunjung selama periode bulan
maret – mei 2006
Sampel : 30 pelanggan yang menerima daftar pertanyaan kuesioner
- Analisis Kuantitatif : pengujiannya dengan cara uji skala likert dan uji chi square.
• Model Penelitian
Skala Likert
Uji Chi Square
d. Hasil Penelitian dan Kesimpulan
Sampel : 30 pelanggan yang menerima daftar pertanyaan kuesioner
- Analisis Kuantitatif : pengujiannya dengan cara uji skala likert dan uji chi square.
• Model Penelitian
Skala Likert
Uji Chi Square
d. Hasil Penelitian dan Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa
konsumen tidak merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan Tawin
Tailor dimana HO ditolak Ha diterima. Karena x2 tabel (9,48773)
e.
Saran dan usulan lanjutan
1. Lebih meningkatkan kinerja pelayanan yang diberikan
kepada konsumen dalam hal pemesanan jahitan
2. Tawin Tailor sebaiknya dapat menerima dan
memperhatikan keluhan konsumen
3. Bagi peneliti selanjutnya penulis menyarankan untuk
meneliti variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar