mampiiiiiiiiirrr

Rabu, 05 Desember 2012

BAB III


BAB III 
METODOLOGI PENELITIAN

1.1   Objek Penelitian
Dian Tailor  merupakan salah satu sarana pelayanan jasa yang kegiatan utamanya adalah melayani kebutuhan masyarakat dalam berbusana sesuai dengan keinginan. Dian Tailor terletak di Jl. Cipinang Kebembem Raya No.271, Jakarta Timur. Tailor ini dikelolah oleh Ibu Dian Fathonah selaku pemilik Tailor. Sudah hampir 11 thn tailor ini berdiri dan bukan hal yang mudah untuk mempertahankan pelanggan atau pasien.

Tailor ini memberikan banyak fasilitas diantaranya membuat busana baru dari bahan yang benar-benar dipola, membordir, mereparasi busana yang kekecilan bahkan kebesaran, dan lain sebagainya. Serta didukung oleh ruangan-ruangan yang sangat memadai seperti terdapat ruang ganti baju, ruang toilet yang bersih, ruang ibadah, ruang yang seluruhnya dilengkapi oleh kaca agar para pelanggan dapat melihat seluruh busana yang ia pesan ketika sedang dicoba, ruang runggu yang nyaman, serta parkir yang luas dan aman.
           
            Keberadaan tailor ini sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat kalangan menengah – menengah ke atas untuk memenuhi segala macam model busana yang diinginkan dan pelayanan yang membuat pelanggan sangat merasa puas.

1.2   Data variable
Dalam penelitian ini dilihat dari 5 dimensi yaitu :
1.       Reliability ( kehandalan )
Yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan 
2.       Responsiveness ( ketanggapan )
Yaitu respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, yang meliputi : kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam menangani transaksi, dan menangani keluhan pelanggan
3.       Assurance ( keyakinan )
Meliputi kemampuan karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan dalam manfaat jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
4.       Empathy ( empati )
Yaitu perhatian secara individu yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahaan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelangganya.
5.       Tangibles (berwujud )
Terukur, Meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office, tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan, kelengkapan peralatan komonikasi dan penampilan

1.3   Metode Pengumpulan Data
Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penulis ilmiah ini penulis menggunakan metode dan analisis yaitu :

1.       Metode Skala Likert
Didalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan skala likert yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variable penelitian seperti sikap, pendapat, persespsi social seseorang atau kelompok. Responden diminta mengisi pertanyaan dalam skala ordinal berbentuk verbal dalam jumlah katagori tertentu. Dalam hal ini digunakan tingkatan yang terdiri dari sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas dan sangat tidaj puas.
Adapun rumus pengujian skala likert yang dipakai adalah :

NIK =           Nilai bobot
katagori penilaian

                        Keterangan :
                        NIK                 : Nilai Indeks Kerja
                        Nilai Bobot     : katagori penilaian X bobot masing-masing
                                             : terdapat 5 katagori



2.       Metode Chi Square
Pengujian hpotesis mengenai perbandingan antara frekuesi observasi/ yang benar-benar terjadi/ actual (fo) dengan frekuesi harapan/ ekspentasi (fe) yang didasarkan atas hipotesis tersebut dengan rumus :

X2 = (fo – fe) 2
        fe
keterangan :
X2  : Chi square
Fo : frekuensi yang diobservasi
Fe : frekuensi yang diharapkan

Dengan menggunakan tingkat singnifikan/ taraf nyata ( α ) = 0,05. Untuk mencari fe digunakan rumus :

fe = Pr X Pc X n
keterangan :
Pr : Proposi baris
Pc : Proposi kolom
n : banyak data

Ho ditolak apabila X2 hitung > X2 tabel
Ho diterima apabila X2 hitung < X2 tabel

Dengan menggunakan tingkat signifikan (α ) 5% atau α : 0,05 dan dengan hipotesis kerja sebagai berikut :

Ho       : konsumen Dian Tailor  merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan
Ha       : konsumen Dian Tailor  merasa  puas terhadap pelayanan yang diberikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar