BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
1.1
Objek Penelitian
Dian Tailor merupakan salah satu sarana pelayanan jasa
yang kegiatan utamanya adalah melayani kebutuhan masyarakat dalam berbusana
sesuai dengan keinginan. Dian Tailor terletak di Jl. Cipinang Kebembem Raya
No.271, Jakarta Timur. Tailor ini dikelolah oleh Ibu Dian Fathonah selaku
pemilik Tailor. Sudah hampir 11 thn tailor ini berdiri dan bukan hal yang mudah
untuk mempertahankan pelanggan atau pasien.
Tailor ini memberikan banyak
fasilitas diantaranya membuat busana baru dari bahan yang benar-benar dipola,
membordir, mereparasi busana yang kekecilan bahkan kebesaran, dan lain
sebagainya. Serta didukung oleh ruangan-ruangan yang sangat memadai seperti
terdapat ruang ganti baju, ruang toilet yang bersih, ruang ibadah, ruang yang
seluruhnya dilengkapi oleh kaca agar para pelanggan dapat melihat seluruh busana
yang ia pesan ketika sedang dicoba, ruang runggu yang nyaman, serta parkir yang
luas dan aman.
Keberadaan tailor
ini sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat kalangan menengah –
menengah ke atas untuk memenuhi segala macam model busana yang diinginkan dan
pelayanan yang membuat pelanggan sangat merasa puas.
1.2
Data variable
Dalam penelitian ini dilihat dari 5 dimensi yaitu :
1.
Reliability ( kehandalan )
Yaitu
kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang
ditawarkan
2.
Responsiveness ( ketanggapan )
Yaitu
respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan
pelayanan yang cepat dan tanggap, yang meliputi : kesigapan karyawan dalam
melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam menangani transaksi, dan menangani
keluhan pelanggan
3.
Assurance ( keyakinan )
Meliputi
kemampuan karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas
keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan
dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan dalam manfaat
jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan
terhadap perusahaan.
4.
Empathy ( empati )
Yaitu
perhatian secara individu yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti
kemudahaan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi
dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan
pelangganya.
5.
Tangibles (berwujud )
Terukur,
Meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office,
tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan,
kelengkapan peralatan komonikasi dan penampilan
1.3
Metode Pengumpulan Data
Berdasarkan uraian diatas, maka dalam penulis ilmiah ini
penulis menggunakan metode dan analisis yaitu :
1.
Metode Skala Likert
Didalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan skala
likert yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variable penelitian
seperti sikap, pendapat, persespsi social seseorang atau kelompok. Responden
diminta mengisi pertanyaan dalam skala ordinal berbentuk verbal dalam jumlah
katagori tertentu. Dalam hal ini digunakan tingkatan yang terdiri dari sangat
puas, puas, cukup puas, tidak puas dan sangat tidaj puas.
Adapun rumus pengujian skala likert yang dipakai adalah :
NIK = Nilai
bobot
∑
katagori penilaian
Keterangan :
NIK : Nilai Indeks Kerja
Nilai
Bobot : katagori penilaian X bobot
masing-masing
∑ :
terdapat 5 katagori
2.
Metode Chi Square
Pengujian hpotesis mengenai perbandingan antara frekuesi
observasi/ yang benar-benar terjadi/ actual (fo) dengan frekuesi harapan/
ekspentasi (fe) yang didasarkan atas hipotesis tersebut dengan rumus :
X2
= ∑ (fo – fe) 2
fe
keterangan :
X2 : Chi
square
Fo : frekuensi yang diobservasi
Fe : frekuensi yang diharapkan
Dengan menggunakan tingkat singnifikan/ taraf nyata ( α ) = 0,05. Untuk mencari fe digunakan rumus :
fe
= Pr X Pc X n
keterangan :
Pr : Proposi baris
Pc : Proposi kolom
n : banyak data
Ho ditolak apabila X2 hitung > X2 tabel
Ho diterima apabila X2 hitung < X2 tabel
Dengan menggunakan tingkat signifikan (α ) 5% atau α : 0,05 dan dengan hipotesis kerja
sebagai berikut :
Ho : konsumen Dian
Tailor merasa tidak puas terhadap
pelayanan yang diberikan
Ha : konsumen Dian
Tailor merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar